loading...

Doa Mandi Wajib Setelah Haid

.:: DO'A MANDI WAJIB SETELAH HAID ::.

Niat mandi haid atau mandi wajib setelah haid secara lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya akan kami share pada halaman ini. Perlu dipahami baik laki-laki maupun perempuan, bahwa salah satu najis yang menghalangi seorang wanita untuk melaksanakan ibadah sholat, puasa adalah menstruasi/haid atau datang bulan.


Secara umum, siklus haid atau menstruasi terjadi selama 3 sampai 7 hari. Jika masa datang bulan atau haid berakhir, maka seorang wanita wajib hukumnya untuk mensucikan diri dengan melakukan mandi wajib setelah menstruasi/haid. Caranya yaitu berniat mandi haid dan membersihkan seluruh anggota badan, minimal dengan menyiramkan air ke seluruh badan dari ujung rambut hingga ujung kaki secara merata.


Adapun untuk lafadz bacaan niat mandi wajibnya adalah sebagai berikut :

doa-mandi-wajib-setelah-haid
Ilustrasi: Mandi Wajib setelah Menstruasi/Datang Bulan/Haid



نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF'I KHADATSIL KHAIDHI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya : 
Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala

Catatan:
Untuk lebih memahami tentang mandi wajib secara detail, silakan simak penjelasannya pada link berikut : Niat Mandi Junub (Mandi Wajib setelah Berjima', Haid, Wiladah dan Nifas)


Itulah lafadz doa niat mandi wajib setelah haid lengkap arab, latin dan artinya yang patut kita hafalkan dan pahami, baik untuk laki-laki maupun perempuan.


Mengapa seorang laki-laki dianjurkan untuk menghafal dan memahaminya, padahal orang laki-laki tidak mengalami menstruasi?


Karena laki-laki pasti akan memiliki seorang istri, dan apabila seorang istri tidak tahu tentang niat mandi haid, maka seorang laki-laki atau suami wajib hukumnya untuk mengajari istrinya.

Doa Mandi Wajib Setelah Haid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mr-Maman

0 comments:

Post a Comment

loading...